BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat

Welcome

Selamat datang di Info Bungo. Situs ini dimaksudkan sebagai salah satu sarana berbagi informasi tentang Kabupaten Bungo dan sekitarnya, baik bagi yang tinggal di Bungo maupun yang sedang di luar kota. Di sini anda dapat mengetahui tentang Profil Kabupaten Bungo, Sejarah Kabupaten Bungo, Berita tentang Kabupaten Bungo dan lain sebagainya.

19 Juli 2010

Kabinet HBA – Fachrori…. Siapa Mau ?

Senin, 19 Juli 2010
KOTAJAMBI - Awal bulan depan Hasan Basri Agus (HBA) dan Fachrori Umar dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur Jambi periode 2010 – 2015, menggantikan H Zulkifli Nurdin yang memimpin dua periode, 2000 – 2010. Banyak harapan disandarkan masyarakat Jambi pada pemimpin baru yang akan mengusung program “Jambi Emas” tersebut.

Dalam membangun Jambi ke depan, HBA – Fachrori jelas membutuhkan pembantu-pembantu yang kuat. Kabinetnya mesti diisi dengan pejabat yang loyal, kapabel dan teruji kemampuannya. Pejabat yang akan diangkat harus memiliki skill dan latar belakang ilmu sesuai job yang diberikan.

Siapa saja yang bakal duduk di “Kabinet Jambi Emas” ? Memang HBA maupun Fachrori belum mau membicarakannya. Mereka menyatakan akan fokus dulu pada pelantikan. Masalah kabinet akan dibahas setelah mereka resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi, yang rencananya dilakukan 3 Agustus mendatang.

Meski HBA – Fachrori masih bungkam, namun rumor tentang “menteri-menteri” mereka sudah lama berseliweran di masyarakat umum. Sejumlah dinas strategis akan diprioritaskan guna mewujudkan impian “Jambi Emas”. Dinas-dinas yang selama ini kinerjanya mandeg bakal dirombak habis. Pejabat yang kerjanya ecek-ecek dibuang.

Posisi kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang lebih bergengsi disebut kepala dinas (kadis) atau kepala badan (kaban), kini jadi incaran mereka yang ingin “naik derajat”. Yang sudah duduk tentu ingin bertahan. Itulah makanya, ketika HBA – Fachrori berkampanye dulu, banyak pejabat dan calon pejabat berusaha “cari muka” (carmuk).

Apapun alasan para kepala SKPD bisa duduk kelak tergantung HBA. Meski harus lewat badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (baperjakat), yang akan dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur, Fachrori Umar, keputusan tetap ditangan gubernur. Kebijakan gubernur baru akan diuji. Sedikit saja salah menempatkan orang, “Jambi Emas” taruhannya.

Perburuan jabatan mau tidak mau bakal memusingkan HBA - Fachrori dalam mengangkat kepala SKPD. Apalagi bila diantara mereka ada yang sampai berkorban harta, bahkan nyawa, ketika ikut memperjuangkan HBA – Fachrori menjadi gubernur dan wakil gubernur. Orang-orang itu tentu wajib masuk dalam kabinet. Mungkin terlalu naif kalau dibilang untuk mengembalikan “modal”. Tapi setidaknya, jabatan itulah “hadiah” buat mereka.

Disini kekhawatiran muncul. Bukan mustahil pejabat yang duduk nanti orang-orang tidak berkompeten, dari disiplin ilmu maupun kepangkatan. Itu pernah terjadi di Kabupaten Merangin. Dulu, Bupati Rotani Yutaka yang “terhutang budi” pada tim sukses seenaknya mengangkat pejabat, tanpa peduli golongan dan pangkat mereka. Seperti “Jenderal Nagabonar” kira-kira.

Untuk mengangkat seorang pejabat ada aturan yang jelas. Diantaranya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun 2002. Disitu disebutkan, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan diangkat menjadi pejabat harus mengantongi sertifikat lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (diklatpim).

Diklatpim itu banyak macamnya, dari IV hingga I, sesuai golongan kepangkatan dan eselon yang akan diduduki. Untuk eselon-IV harus lulus diklatpim-IV, eselon-III lulus diklatpim-III, dan seterusnya. Itupun belum cukup. Golongan juga memegang peranan besar. Beberapa ketentuan, seperti PP Nomor 100 Tahun 2000 dan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 12 Tahun 2005 mengatur semua itu.

Persoalan aturan-aturan itu tidak perlu dikhawatirkan. Maklum, HBA memang datang dari kalangan birokrat pemerintahan. Pengalamannya sudah segudang, mulai dari camat hingga menjabat sekretaris daerah (sekda). HBA jelas tidak mau terjebak dengan kasus “Jenderal Nagabonar” seperti terjadi di Merangin. Namun, sejumlah nama sudah santer disebut-sebut bakal dipakai dalam kabinet HBA nanti.

Sarasaddin, misalnya. Bukan satu-dua orang tahu Ketua Bappeda Sarolangun itu punya andil besar dalam memenangkan HBA – Fachrori di Sarolangun. Isunya, Sarasaddin bakal “dihadiahi” jabatan kepala dinas pendapatan daerah (dipenda). Akankah Sarasaddin diplot untuk sekdaprov, seperti dua mantan sekdaprov sebelumnya, Chalik Saleh dan AM Firdaus, yang “naik” dari jabatan kepala dipenda ? Wallahualam.

Selain itu ada nama Muhammad Rawi, mantan Kadis Diknas Kota Jambi. Ia diplot mengganti kadis diknas provinsi, Rahmat Derita. Putra Rantau Panjang, Merangin, itu ikut berjuang mendongkrak suara HBA – Fachrori dari masyarakat Tabir, Merangin. Rahmat Derita bakal “dibuang” lantaran selama ini dinilai tidak becus mengurus program bea-siswa. Ketika diundang hearing oleh dewan, ia tidak mau datang.

Lalu ada nama Ivan Wairata. Pejabat eselon-III di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi itu calon kuat menggantikan Nino Guritno yang sebentar lagi pensiun. Ivan dianggap punya jasa besar pada kampanye HBA – Fachrori. Ia lebih unggul dibanding Kadis PU Sarolangun, Edy Suranto, atau mantan kepala biro perlengkapan, Akmal Thaib, yang dituding mahasiswa paling bertanggung-jawab terhadap amburadulnya pembangunan asrama Jambi di Yogya.

Tapi, segampang itukah HBA mengangkat pejabat ? Menurut tokoh Jambi, Asnawi Nasution, dalam 4 bulan pertama kepemimpinan HBA – Fachrori, para kadis, kaban dan kepala biro lama tetap dipakai. Ada kesempatan untuk menunjukkan kinerja. “Itu peluang untuk berubah bagi mereka yang selama ini kinerjanya elek-elek,” jelas Asnawi saat ditemui di rumahnya, Kompleks DPRD Telanaipura, belum lama ini.

Hal senada diungkapkan tokoh Jambi lainnya, Hasip Kalimuddin Syam. Mantan wakil gubernur Jambi itu mengungkapkan, untuk menunjang program “Jambi Emas”, HBA mesti memakai orang-orang berpotensi, profesional dan berpengalaman. “Orang lama tidak perlu diganti. Jika mereka mampu dan hasil kerjanya bagus, bisa saja ditarik kembali,” ujar Hasip. (infojambi.com/DODDI IRAWAN)

Sumber: www.infojambi.com

Sarang Semut Papua - Herba Anti Kanker No. 1!

0 komentar:

Toko Buku Online Terlengkap

Kabupaten Bungo Bakal Punya Bandara

Kabupaten Bungo dalam waktu dekat bakal punya Bandar Udara (Bandara). Mau tau lebih detil lagi? Klik di sini.

Berapa Malaikat yang Kau Temui Hari ini?

Ya berapa malaikat yang sudah kau temui hari ini? 
Atau hari kemarin? 
Di dalam perjalananmu menuju tempat kerja? 
Atau dalam perjalananmu menuju ke rumah kembali? 
Berapa? Klik di sini

Entri Populer

Anda sudah Bertahun-tahun Frustasi Belajar Bahasa Inggris dengan Kursus, Les privat dan Membeli Software mahal Yang Mengajari Anda Grammar tetapi sampai detik ini Ada masih “malu” berbicara Bahasa Inggris. Sekarang Lupakan Grammar….!

Ikuti Kursus Belajar Bahasa Inggris Online Cepat

Tanpa Grammar Full Conversation

Authorized Partner of E-Compusoft Online English Training

Akte Notaris No. 198. Tanggal 22 Desember 2009

Sistem Kursus tanpa mengenal tempat & waktu. ribuan member telah bergabung mulai dari Aceh hingga Papua bahkan luar negeri seperti :

Arab Saudi, Malaysia, Qatar, Timor Leste, Korea, Polandia, Lagos (Nigeria), dll

Satu-satunya sistem yang menjamin 100% Anda mengalami dan merasakan secara nyata kemajuan berbahasa Inggris Anda – Garansi


Mau lihat Saja dulu Klik Di Sini
BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat

About This Blog

INFO BUNGO dimaksudkan sebagai sarana berbagi informasi tentang Kabupaten Bungo. Komentar, saran dan kritik anda sangat kami harapkan. Silahkan kirim e-mail ke : info_bungo@yahoo.com

Taukah Kamu?

Kecamatan di Kabupaten Bungo ada 17

Kelurahan di Kota Bungo ada 12

Disclamer

Isi dan materi iklan dalam situs ini di luar tanggung jawab INFO BUNGO. Kami tidak bertanggungjawab atas segala konsekwensi yang timbul dari iklan dalam situs ini. Terima kasih.
BlogRankers.com blogarama - the blog directory Newswire Blogs - Blog Catalog Blog Directory Submit Your Site
Sebagian artikel/berita adalah dari media online di Indonesia, pencantuman kembali di blog ini ditujukan untuk menyebarkan informasi secara online agar pembaca dapat memperoleh informasi dari banyak tempat. Sumber atau link asal artikel/berita tetap disertakan untuk melihat source aslinya.

Sebagian atau seluruh artikel, gambar, video, berita dan sebagainya yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta. Sebagian atau seluruhnya itu bersumber dari blog maupun website lain atau sumber lainnya. Jika ada yang keberatan untuk ditampilkan artikel, gambar, video, berita dan sebagainya di blog ini, agar disampaikan kepada kami yang selanjutnya akan dihapus dari blog ini. Terima kasih.

Ó2009 - 2011 Admin · Info Bungo · e-mail: info_bungo@yahoo.com

Jl.Batang Tebo No.408 Muarabungo 37214, JAMBI


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP