BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat

Welcome

Selamat datang di Info Bungo. Situs ini dimaksudkan sebagai salah satu sarana berbagi informasi tentang Kabupaten Bungo dan sekitarnya, baik bagi yang tinggal di Bungo maupun yang sedang di luar kota. Di sini anda dapat mengetahui tentang Profil Kabupaten Bungo, Sejarah Kabupaten Bungo, Berita tentang Kabupaten Bungo dan lain sebagainya.

09 Juni 2009

Puting Beliung Hantam Kerinci. 45 Rumah Rusak, Termasuk Masjid dan Gedung SD

SELASA, 09 JUNI 2009 | JambiIndependent
SUNGAIPENUH - Angin puting beliung kembali menghantam Kabupaten Kerinci. Dalam setahun terakhir, angin kencang yang datang bersamaan dengan hujan lebat itu sudah berkali-kali melanda daerah paling barat Provinsi Jambi tersebut. Bulan lalu, angina putting beliung juga meluluhlantakkan puluhan rumah di Desa Sungai Rumpun, Kecamatan Gunung Tujuh. Juga Desa Semurup, Kecamatan Air Hangat.

Kejadian terbaru terjadi pada Minggu (7/6) sore. Kali ini angin puting beliung menghantam Desa Sungai Langkap, Kecamatan Siulak. Angin mulai menyapu daerah perbukitan itu pukul 16.00 WIB. Sedikitnya 46 rumah dilaporkan porak poranda dihantam angin kencang yang berlangsung sekitar 15 menit itu.

Dari 46 unit rumah yang rusak, 3 dinyatakan rusak total, 17 rusak berat, dan 26 rusak ringan. Kepala Desa Sungai Langkap Abdul Rahim mengatakan, saat kejadian sore itu, langit sangat gelap disertai gerimis. Tiba-tiba dari arah Desa Mukai Pintu datang angin kencang berputar-putar dan langsung menghantam Desa Sungai Langkap.

“Awalnya angin menyentuh tanah lalu berputar-putar ke atas dan langsung menyapu rumah dan pepohonan,” jelasnya. Warga yang panik berlari ketakutan dan langsung berlindung di tempat yang aman. “Beberapa warga yang sedang berada di sawah tiarap di tanah karena takut dibawa angin,” katanya.

Saat angin menyapu desa, puluhan atap rumah warga berterbangan. Beberapa rumah yang terbuat dari kayu ambruk. Pepohonan seperti durian dan kulit manis serta tanaman cabe dan pisang milik warga, tumbang disapu angin. Selain menerbangkan genteng rumah, angin juga merusak masjid, gedung SD, bangunan rice milling, dan satu lumbung padi.

Beberpa rumah yang rusak total di antaranya milik Safrini, warga RT 4. Rumah Safrini yang terbuat dari kayu ambruk dihantam angina. Safrini pun terpaksa mengungsi ke rumah familinya. Yang rusak total lainnya adalah rumah Supriadi dan Marlini, warga RT 3, yang juga terbuat dari kayu.

Menurut Safrini, saat kejadian, dia sedang mandi di tempat pemandian Desa Sungai Langkap. “Tiba-tiba saja datang angin kencang. Saat pulang, baru saya baru tahu rumah sudah rusak,” katanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, warga yang rumahnya terkena terjangan angin puting beliung ada yang sudah mengganti atap dengan terpal. Namun ada juga yang belum memperbaiki sama sekali. Beberapa pohon-pohon yang tumbang serta atap rumah yang berserakan di berbagai tempat belum dibersihkan.

Abdul Rahim juga mengatakan, sementara ini kerugian yang dialami warga akibat angin puting beliung belum dapat ditaksir. “Pihak pemerintah yang datang ke sini belum mendata jumlah bangunan yang rusak. Mereka baru memberikan bantuan bahan makanan, selimut, dan terpal,” katanya.

Untuk membantu warga yang terkena musibah, aparat desa berinisiatif mendirikan posko bantuan bencana alam. Kabid Kessos Kabupaten Kerinci Juanda mengatakan, pihaknya telah memberikan bantuan sembako, terpal, dan tikar. “Bantuan diberikan sesuai ketersediaan bantuan dan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kerinci Moh Rahman saat dihubungi mengatakan, bantuan pertama sudah diberikan kepada masyarakat, berupa tenda dan bahan makanan. “Malam tadi saya langsung ke sana,” ujarnya. Bahan bangunan, kata Rahman, belum diberikan karena kerusakan masih diteliti oleh Dinas PU. “Kerusakan masih didata ulang untuk mengetahui berapa seng dan semen serta alat bangunan lainnya yang harus diberikan ke masyarakat,” tuturnya.
Sebelumnya, Juni 2007, sedikitnya 30 unit rumah warga di RT 4, RT 8, dan RT 9, Desa Gunung Labu, Kecamatan Kayuaro, rusak berat akibat hantaman badai puting beliung. Selain di Kerinci, bencana angin puting beliung juga pernah terjadi di beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Jambi.
Menurut catatan Jambi Independent, pada 26 Mei 2009 lalu angin puting beliung juga menghantam dua desa di Muarojambi, yakni Desa Sogo dan Desa Mekarsari, Kecamatan Kumpeh Ilir. Akibatnya, puluhan rumah dan tiga ruang kelas sekolah dasar rusak berat. Puluhan pohon turut tumbang. Termasuk jaringan litrik.
April lalu, tercatat dua kali terjadi angin puting beliung, yakni pada 18 April di Desa Sungai Rumbai, Kecamatan Tebo Ulu, Tebo. Sedikitnya 74 rumah dilaporkan rusak dalam musibah itu. Tiga hari kemudian, 21 April, kejadian serupa terjadi di Dusun Sirih Sekapur, Kecamatan Jujuhan, Bungo. Akibat kejadian itu, belasan rumah rusak dan dua rumah rusak berat alias hancur.
Pada 2008 lalu, angin puting beliung juga pernah terjadi di Kota Jambi. Daerah yang terkena musibah itu antara lain kompleks Perumahan Griya Aurduri dan kawasan Pulau Pandan, Kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura. Akibat kejadian itu, ratusan rumah di dua daerah tersebut porak-poranda.(dip)

Sumber:http://www.jambi-independent.co.id

Sarang Semut Papua - Herba Anti Kanker No. 1!

0 komentar:

Toko Buku Online Terlengkap

Kabupaten Bungo Bakal Punya Bandara

Kabupaten Bungo dalam waktu dekat bakal punya Bandar Udara (Bandara). Mau tau lebih detil lagi? Klik di sini.

Berapa Malaikat yang Kau Temui Hari ini?

Ya berapa malaikat yang sudah kau temui hari ini? 
Atau hari kemarin? 
Di dalam perjalananmu menuju tempat kerja? 
Atau dalam perjalananmu menuju ke rumah kembali? 
Berapa? Klik di sini

Entri Populer

Anda sudah Bertahun-tahun Frustasi Belajar Bahasa Inggris dengan Kursus, Les privat dan Membeli Software mahal Yang Mengajari Anda Grammar tetapi sampai detik ini Ada masih “malu” berbicara Bahasa Inggris. Sekarang Lupakan Grammar….!

Ikuti Kursus Belajar Bahasa Inggris Online Cepat

Tanpa Grammar Full Conversation

Authorized Partner of E-Compusoft Online English Training

Akte Notaris No. 198. Tanggal 22 Desember 2009

Sistem Kursus tanpa mengenal tempat & waktu. ribuan member telah bergabung mulai dari Aceh hingga Papua bahkan luar negeri seperti :

Arab Saudi, Malaysia, Qatar, Timor Leste, Korea, Polandia, Lagos (Nigeria), dll

Satu-satunya sistem yang menjamin 100% Anda mengalami dan merasakan secara nyata kemajuan berbahasa Inggris Anda – Garansi


Mau lihat Saja dulu Klik Di Sini
BelajarInggris.net Tempat Kursus Bahasa Inggris Online cepat dan Mudah tanpa grammar Full Conversation / Percakapan Bersertifikat

About This Blog

INFO BUNGO dimaksudkan sebagai sarana berbagi informasi tentang Kabupaten Bungo. Komentar, saran dan kritik anda sangat kami harapkan. Silahkan kirim e-mail ke : info_bungo@yahoo.com

Taukah Kamu?

Kecamatan di Kabupaten Bungo ada 17

Kelurahan di Kota Bungo ada 12

Disclamer

Isi dan materi iklan dalam situs ini di luar tanggung jawab INFO BUNGO. Kami tidak bertanggungjawab atas segala konsekwensi yang timbul dari iklan dalam situs ini. Terima kasih.
BlogRankers.com blogarama - the blog directory Newswire Blogs - Blog Catalog Blog Directory Submit Your Site
Sebagian artikel/berita adalah dari media online di Indonesia, pencantuman kembali di blog ini ditujukan untuk menyebarkan informasi secara online agar pembaca dapat memperoleh informasi dari banyak tempat. Sumber atau link asal artikel/berita tetap disertakan untuk melihat source aslinya.

Sebagian atau seluruh artikel, gambar, video, berita dan sebagainya yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta. Sebagian atau seluruhnya itu bersumber dari blog maupun website lain atau sumber lainnya. Jika ada yang keberatan untuk ditampilkan artikel, gambar, video, berita dan sebagainya di blog ini, agar disampaikan kepada kami yang selanjutnya akan dihapus dari blog ini. Terima kasih.

Ó2009 - 2011 Admin · Info Bungo · e-mail: info_bungo@yahoo.com

Jl.Batang Tebo No.408 Muarabungo 37214, JAMBI


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP